Domain Gratis .ME Sekaligus Hosting untuk Mahasiswa

Domain merupakan identitas seseorang atau kelompok di internet. Dengan domain, suatu situs web dapat diakses oleh orang banyak. Dewasa ini variasi domain di internet sudah sangat banyak, semakin mudah didapatkan dan banyak diinginkan oleh orang-orang yang sedang maupun akan menggeluti dunia internet. Harga domain pun bervariasi, ada yang relatif mahal sampai ada yang memberikannya secara gratis atau cuma-cuma. Bagi Anda yang baru ingin memulai, memang banyak domain gratis yang ditawarkan di internet, namun ada baiknya Anda hanya memilih domain gratis dari penyedia yang sudah terpercaya untuk menghindari kehilangan domain di masa mendatang. Selain itu, domain-domain yang umumnya memang gratis tersebut sudah pasti buruk untuk branding Anda di internet.

Artikel ini akan membahas mengenai cara mendapatkan domain gratis dengan ekstensi .ME yang merupakan ekstensi premium—bukan domain yang umumnya gratisan. Perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya berlaku untuk mahasiswa dengan persyaratan Anda memiliki surel (email) yang masih aktif dari kampus Anda (biasanya berakhiran .ac.id). Domain gratis ini disediakan oleh Namecheap dan hanya gratis selama satu tahun, setelah itu Anda harus membayar untuk dapat terus menggunakannya. Selain domain, Anda juga akan mendapatkan hosting gratis selamanya dengan kapasitas 100 MB dari Indowebsite.

Sayangnya sesuai pengalaman tidak semua surel kampus mendukung cara ini. Satu-satunya cara mengetahui apakah surel kampus yang Anda miliki dapat digunakan untuk mendapatkan domain gratis adalah dengan mencobanya. Semoga Anda beruntung!

Langkah-Langkah Mendapatkan Domain Gratis

1. Mendaftar Github

Github merupakan sebuah platform untuk berkolaborasi dalam hal pemrograman perangkat lunak. Github bekerjasama dengan Namecheap untuk memberikan beberapa fasilitas gratis bagi mahasiswa di seluruh dunia, salah satunya domain gratis ini.

Untuk mendaftar, kunjungi Github, isikan username, email, dan password. Jangan lupa gunakan email kampus Anda untuk mendaftar. Selesaikan pendaftaran sebagaimana pendaftaran di media sosial yang Anda kenal. Jika sudah terdaftar di Github, daftar stundent pack, klik “Get Your Pack”. Isi formulir yang ada dan ajukan. Setelah pengajuan, biasanya tidak lama kemudian pendaftaran student pack Anda akan di-approve oleh Github. Akan ada surel yang memberi tahu Anda mengenai hal ini. Bila pengajuan Anda disetujui Github, saya ucapkan selamat, itu artinya Anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya!

Setelah itu, silakan autentikasikan Github dengan Namecheap. Klik “Authorize namecheapedu” pada halaman yang muncul, setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman web Namecheap.

2. Mendaftarkan Domain di Namecheap

memilih nama domain

Di halaman web Namecheap, silakan masukkan nama domain yang Anda inginkan di kotak tersebut kemudian klik “Find”. Domain yang tersedia untuk Anda daftarkan akan memiliki keterangan “available”. Jika sudah, silakan “Complete Order”. Pilih opsi “Github Pages” pada bagian “Choose a free option” dan isikan surel kampus Anda pada bagian “Student email”. Klik “Finish Up”, dan Anda akan diminta untuk melakukan pendaftaran Namecheap. Isilah data diri Anda dengan sebenar-benarnya. Apabila setelah itu diminta konfirmasi pesanan, silakan klik saja “Confirm Order”. Bila Anda berhasil, Anda akan menjumpai halaman dengan tulisan besar “Thanks for using Namecheap”.

Langkah-Langkah Mendapatkan Hosting Gratis

Hosting gratis yang diberikan oleh Indowebsite bukanlah seperti hosting gratis yang diberikan oleh IdHostinger, 000webhost, maupun penyedia lain yang reputasinya cenderung buruk. Dengan layanan hosting gratis dari Indowebsite, Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 100 MB. Meskipun hanya sedikit, namun Anda mendapatkan fasilitas layaknya shared hosting berbayar mereka (kecuali layanan support). Saya sendiri pernah mencoba dan puas dengan layanan hosting gratis tersebut. Kapasitas itu sudah sangat cukup untuk membuat blog pribadi atau membangun personal branding.

1. Mengatur Konfigurasi Domain

Pertama, domain gratis yang sudah Anda miliki tadi perlu dikonfigurasi untuk dapat terhubung dengan hosting gratis Anda. Caranya, silakan masuk (login) ke Namecheap menggunakan nama pengguna (username) dan sandi (password) yang Anda masukkan ketika pendaftaran domain tadi.

Setelah itu, cari domain Anda di menu “Domain List”, klik “Manage”. Atur nameserver domain Anda seperti berikut ini.

nameserver domain gratis namecheap

Isikan keempat nameserver berikut:

  • ns01.indowebsite.net
  • ns02.indowebsite.net
  • ns03.indowebsite.net
  • ns04.indowebsite.net

Setelah itu, simpan dengan klik pada tanda centang berwarna hijau.

2. Memesan Hosting di Indowebsite

Silakan kunjungi halaman pemesanan hosting gratis Indowebsite. Silakan share terlebih dahulu layanan tersebut menggunakan salah satu tombol yang disediakan. Jika sudah, Anda akan diarahkan ke halaman pemesanan. Pilih menu “Daftarkan Hosting saja”, isikan dengan domain .ME gratis yang baru saja Anda dapatkan. Setelah itu selesaikan pemesanan dengan klik “Checkout”. Anda akan diminta mendaftar seperti halnya ketika mendaftarkan domain di Namecheap. Isi dengan sesuai, kemudian kirimkan. Silakan tunggu sampai Anda mendapatkan surel balasan dari Indowebsite mengenai data hosting gratis Anda. Bila Anda bingung, silakan hubungi agen Indowebsite bagian technical support melalui chat yang tersedia. Tidak perlu sungkan, mereka akan dengan senang hati membantu Anda.

Lama waktu yang dibutuhkan server domain dan hosting saling berkomunikasi hingga situs web dapat diakses disebut waktu propagasi. Biasanya dalam hitungan jam atau paling lama satu hari. Setelah situs web Anda siap, Anda dapat membuat blog atau hal lain sesuka Anda. Selamat berkreasi!

Salim Romadhon

Seorang antusias dunia komputer, internet, dan pengembang web. Sedang menjalani hidup sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *